Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

LokasiSMKN 1 Sampang
Lingkup PendidikanSekolah Menengah Kejuruan
Tujuan yang ingin dicapaiMeningkatkan minat belajar siswa kelas XII kompetensi keahlian Multimedia pada mata pelajaran Teknik Pengolahan Audio dan Video dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning.
PenulisMifta Febriansyah
TanggalAksi 1 : 14 Oktober s.d 25 November 2022

 

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Latar belakang dari praktik pembelajaran ini adalah rendahnya minat belajar siswa kelas XII kompetensi keahlian Multimedia pada mata pelajaran Teknik Pengolahan Audio dan Video. Terlihat pada saat pembelajaran siswa cenderung diam dan belum aktif saat kegiatan pembelajaran.

Berdasarkan kondisi tersebut dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya minat belajar siswa kelas XII kompetensi keahlian Multimedia pada mata pelajaran Teknik Pengolahan Audio dan Video adalah dari guru dan siswa itu sendiri. Berikut merupakan faktor yang meneyebabkan rendahnya minat belajar siswa adalah :

  • Guru
  1. Guru masih dominan dalam pembelajaran yang dilaksanakan sehingga menyebabkan rasa jenuh dan bosan pada siswa
  2. Media yang digunakan belum maksimal.
  • Siswa
  1. Siswa masih berfikir bahwa yang penting sekolah dan lulus mendapatkan ijazah atau motivasi siswa yang rendah.

Praktik pembelajaran ini menurut saya penting dibagikan karena sebagai guru kita harus selalu berbagi dengan guru lain apalagi tidak sedikit guru yang memiliki masalah yang sama dengan saya.
Sebagai guru saya memiliki tanggung jawab melakukan proses pembelajaran dengan efektif dan menggunakan model dan metode pembelajaran yang tepat agar dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat?

Dari hasil analisis kajian wawancara dan literatur penyebab dari minat belajar siswa rendah antara lain :

  1. Model pembelajaran yang digunakan guru belum inovatif
  2. Guru masih sering menggunakan metode ceramah.
  3. Media yang digunakan belum maksimal
  4. Motivasi belajar siswa yang rendah

Dari penyebab diatas tantangan yang dihadapi oleh guru adalah :

  1. Pemilihan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran dan karakteristik siswa.
  2. Penggunaan metode pembelajaran yang variatif, sehingga siswa merasa tertarik dan antusias dalam mengikuti pembelajaran
  3. Penggunaan media yang bervariasi agar meningkatkan minat belajar siswa
  4. Guru harus bisa meningkatkan motivasi siswa dalam proses pembelajaran.

Dilihat dari tantangan tersebut dapat disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapi melibatkan guru dari segi kompetensi dimana seorang guru harus memiliki kompetensi pedagogik dan profesional. Sedangkan dari sisi siswa adalah rendahnya minat dan motivasi siswa dalam belajar.

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini.

Langkah-langkah yang dilakukan guru dalam menghadapi tantangan tersebut antara lain :

1. Pemilihan model pembelajaran

Guru memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan materi pada pembelajaran yang akan dilaksanakan. Disini saya menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan sintaks sebagai berikut :

  1. Pemberian rangsangan
  2. Pernyataan / Identifikasi masalah
  3. Pengumpulan data
  4. Pengolahan data
  5. Pembuktian
  6. Menarik kesimpulan

2. Penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi

Strategi yang dilakukakn oleh guru dalam pemilihan metode pembelajaan adalah dengan memahami karakteristik siswa dan karakteristik materi. Disini guru memilih metode pembelajaran yang variatif dan yang akan digunakan yaitu metode ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi dan presentasi.

3. Penggunaan media yang bervariasi

Penggunaan media yang menarik dapat menarik perhatian dan motivasi belajar siswa. Dalam hal ini saya menggunakan media yang berbasis TPACK dimana bahan ajar untuk siswa dan LKPD dapat di akses oleh siswa pada google site guru bersangkutan. Selain itu pemanfaatan media presetasi dengan google slide dan video juga memberi warna tersendiri untuk perhatian siswa. Dari media yang digunakan di atas siswa dapat langsung mengakses untuk mempelajari secara langsung, sehingga mempermudah siswa dalam belajar.

4. Meningkatkan motivasi siswa

Strategi yang dapat dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi siswa adalah dengan merancang pembelajaran yang berpusat kepada siswa. Selain itu guru juga dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dalam kelas saat proses pembelajaran, memberi pujian, dan memberikan penghargaan kepada siswa.

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan dirasa hasilnya efektif dan dapat dilihat dari :

  1. Pemilihan model pembelajaran Discovery Learning dapat menumbuhkan siswa dalam berfikir kritis, terlihat dari hasil pengamatan pada saat kegiatan diskusi dan penyampaian hasil diskusi.
  2. Penggunanaan metode yang variatif sangat efektif untuk meningkatkan keaktifan siswa, terlihat dari kegiatn siswa saat proses
  3. Penggunaan media yang bervariasi dan berbasis TPACK dapat merangsang dan mempermudah siswa dalam belajar, terbukti dengan keaktifan siswa saat kegiatan diskusi kelompok dan kegiatan presentasi.
  4. Kegiatan pembelajaran berpusat kepada siswa sangat efektif dalam meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa. Selain itu pemberian pujian dan penghargaan kepada siswa dapat menumbuhkan rasa percaya diri siswa.

Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran ini sangat antusias, karena pembelajaran sangat menyenangkan. Media yang digunakan juga bervariasi yang berdampak siswa dapat belajar secara mandiri.

Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan dari kemampuan guru mengelola proses pembelajaran. Mulai dari pemilihan model pembelajaran, metode pembelajaran hingga langkah-langkah pembelajaran yang sudah sesuai dengan rencana pembelajaran.Selain itu masukan dari teman sejawat, guru pamong dan dosen sangat penting dalam keberhasilan praktik pembelajaran yang dilaksanakan.

Pembelajaran yang dapat diambil dari proses dan kegiatan yang sudah dilakukan oleh guru adalah pemilihan model pembelajaran, perangkat pembelajaran yang digunakan serta pengelolaan kelas sangat mempengaruhi minat belajar siswa dalam pembelajaran.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *